Penelitian Koefisien Friksi Minyak Otomotif dengan Mesin Uji SRV

Authors

  • T.S. Pakan

Abstract

Setelah beredarnya isu di masyarakat adanya minyak lumas palsu dipasaran, dilakukan survey pada kios-kios minyak lumas dan SPBU Pertamina di Jakarta dan sekitarnya. Dalam studi ini berhasil didapatkan delapan contoh minyak lumas otomotif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati kwalitas minyak lumas otomotif yang beredar dipasaran dengan uji nilai koefisien friksi.
Dari studi ini berhasil didapatkan empat contoh minyak lumas otomotif mineral dengan kode M-1 sampai dengan M-4 disajikan dalam Tabel 1 dan empat contoh minyak lumas otomotif sintetik dengan kode : S-1 sampai dengan S-4 disajikan dalam Tabel 2.
Dari hasil-hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa koefisien friksi empat minyak lumas otomotif mineral setelah diuji di mesin SRV hingga mencapai akumulasi waktu 120 menit, adalah
berbeda-beda yaitu antara (92,85-94,80) μ%. dalam Tabel 3.
Dari hasil-hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa koefisien friksi empat minyak lumas otomotif sintetis setelah diuji di mesin SRV hingga mencapai akumulasi waktu 120 menit, adalah berbeda-beda yaitu antara (90,82-92,95)μ%.dalam Tabel 4.

Downloads

Published

2024-10-07

Issue

Section

##section.default.title##