Pengaruh Perubahan Gravitasi Spesifik Bensin Premium terhadap Sifat-Sifat Fisika Kimianya

Authors

  • Pallawagau La Puppung

Abstract

1. Perubahan gravitasi spesifik mempunyai korelasi yang kuat terhadap perubahan angka oktana, distilasi dan RVP, terutama pada pencampuran bensin Premium dengan minyak tanah. Sedangkan perubahan gravitasi spesifik pada penguapan, pengaruhnya lebih rendah dibandingkan dengan pencampuran bensin dengan minyak tanah. Pengaruhnya lebih menonjol pada perubahan angka oktana dan RVP, karena fraksi ringan mempunyai angka oktana dan RVP yang tinggi.
2. Dengan hasil-hasil ini, maka pengujian gravitasi spesifik dapat digunakan untuk menilai bensin Premium pada saat pemeriksaan di Depot atau SPBU.
3. Selanjutnya untuk batasan perubahan gravitasi spesifik yang masih dapat diterima adalah sebagai berikut:
a. Percontoh bensin Premium Kilang K1, angka oktana 88.0 RON, gravitasi spesifik 0.7237 dicampur dengan minyak tanah yang mempunyai gravitasi spesifik 0.8153, dengan konsentrasi minyak tanah lebih dari 2.9%, memberikan perubahan gravitasi spesifik sebesar 0.0021, dan akan menyebabkan RON serta distilasi melampaui batas-batas spesifikasi bensin Premium.
b. Percontoh bensin Premium Kilang K2 , dengan angka oktana 88.0 RON, gravitasi spesifik 0.7499 dicampur dengan minyak tanah yang mempunyai gravitasi spesifik 0.8166, dengan konsentrasi minyak tanah lebih dari 4.7% memberikan perubahan gravitasi spesifik sebesar 0.0027, dan akan menyebabkan RON dan distilasi melampaui batas-batas spesifikasi bensin Premium.
c. Percontoh bensin Premium TT Kilang K3 , dengan angka oktana 89.0 RON, dan gravitasi spesifik 0.7373, dicampur dengan minyak tanah yang mempunyai gravitasi spesifik 0.8186, dengan konsentrasi minyak tanah lebih dari 2.7% memberikan perubahan gravitasi spesifik sebesar 0.0030, dan akan menyebabkan RON serta distilasi melampaui batas-batas spesifikasi bensin Premium TT.

Downloads

Published

2024-10-07

Issue

Section

##section.default.title##